SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KELURAHAN BEJI KECAMATAN BEJI KOTA DEPOK @ BLOG INI ADALAH BLOG YANG BERISI SEMUA KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN DI KELURAHAN BEJI ATAU HAL - HAL YANG MEMANG LAYAK UNTUK DIKETAHUI @ MARI BERBAGI INFORMASI DI ANTARA KITA

Selasa, Januari 21, 2014

SETU BEJI PLADEN KEMBALI MELUAP DAN AIRPUN MENGALIR HINGGA KE DALAM KAMAR

Setalah pada tanggal 11 Januari 2014 yang lalu, dimana Setu Beji Pladen meluap dan menggenangi wilayah sekitarnya, kembali pada tanggal 19 Januari 2014 Setu Beji Pladen meluapkan airnya dan menggenangi wilayah sekitarnya.
Pada sabtu malam tanggal 16 Januari 2014, hujan mulai turun dengan intensitas yang biasa – biasa saja. Pada pukul 24.00 hujan mulai agak lebat namun masih tetap dengan intesitas yang normal. Namun pada pukul 02.30 diniharinya, hujanpun seperti ditumpahkan seada – adanya dari langit. Intesitasnya begitu besar dan akhirnya Setu Beji Pladen yang merupakan tempat parkirnya air tidak mampu lagi menampung air yang masuk ke dalamnya. Dan akibatnya sudah dipastikan airpun meluap.
Banyaknya air di dalam setu, akhirnya membuat sungai atau kali gendong yang ada di sekitar setu  tidak bisa mengalirkan airnya. Karena air kali gendong tersebut tidak mengalir karena kalah dorongan dengan air yang keluar dari setu, akhirnya menambah parah situasi. Air kali gendongpun memberikan sumbangan air yang sangat besar untuk masuk ke areal pemukiman warga.
Ada tiga RT yang saat itu tergenang banjir dari kondisi tersebut yakni RT.02  dan RT.03 RW.13 dan RT.05 RW.14 Kelurahan Beji. Dan air menggenangi wilayah tersebut antara 40 hingga 50 centimeter.
Menurut penuturan warga yang sempat bicara kepada saya, hal ini terjadi karena terjadinya pendangkalan saluran outlet dari setu serta terjadinya penyempitan saluran di beberapa bagian dari saluran tersebut.

“ Iya pak , karena di sana salurannya kecil kan jadinya airpun mengalirnya lambat “ begitu kata salah satu warga yang jari telunjuknya mengacung ke arah  hilir salura outlet setu Beji Pladen.
Mungkin dari keterangan warga tersebut bisa diambil tindakan agar saluran outlet Setu Beji Pladen kembali lancar. “ Memang wilayah ini adalah langganan banjir pak, tetapi tidak seperti saat ini. Satu minggu ini kami sudah 2 kali mengalami keadaan seperti ini. Dulu walaupun sempat banjir, tetapi surutnyapun cepat pak. Nah kalo sekarang bisa satu atau dua hari pak baru surut “, demikian keterangan tambahan dari warga tersebut.

Semoga ini di masa yang akan datang tidak lagi terjadi dan masyarakatpun bisa tenang walaupun hujan turun. Dan tentunya ini akan menjadi PR buat aparat pemerintahan Depok, untuk kembali menormalisasi saluran outlet dari setu palden ini. Dan secara pribadi sayapun turut prihatin atas keadaan mereka.

Foto - foto terkait ;












Tidak ada komentar:

Posting Komentar