SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KELURAHAN BEJI KECAMATAN BEJI KOTA DEPOK @ BLOG INI ADALAH BLOG YANG BERISI SEMUA KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN DI KELURAHAN BEJI ATAU HAL - HAL YANG MEMANG LAYAK UNTUK DIKETAHUI @ MARI BERBAGI INFORMASI DI ANTARA KITA

Minggu, Oktober 27, 2013

PELATIHAN PEMBUDIDAYAAN IKAN LELE SANGKURIANG

Peluang usaha dalam peningkatan ekonomi keluarga salah satunya adalah dengan cara bertani membudidayakan ikan air tawar dan ikan air tawar yang mungkin cocok untuk dibudidayakan adalah ikan Lele.
Dan baru – baru ini di wilayah RT.10 RW.04 telah berlangsung pelatihan pembudidayaan ikan lele sangkuriang. Dan kegiatan ini adalah merupakan hasil kerja sama antara Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Perikanan ( P2MKP ) Padepokan Sangkuriang dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan Dan Perikanan Kementrian Kelautan Dan Perikanan.
Pelatihan budidaya ikan lele sangkuriang ini menurut rencana akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 21 sampai tanggal 24 oktober 2013, dan yang menjadi pengajar atau nara sumbernya adalah Bapak Hatta Farid, Teuku Baharrudin dan Mang A’ep. Dan peserta pelatihan adalah warga masyarakat Kota Depok.

Padepokan Sangkuriang di bawah pimpinan Bapak Hatta Farid adalah sebuah wadah bagi para pembudidaya ikan lele Sangkuriang yang ada di kota Depok. Dan wadah ini memang secara khusus mengembangkan peternakan ikan Lele Sangkuriang dengan alas an karena lele Sangkuriang ini lebih tahan terhadap penyakit, ikannyapun gurih dan lebih cepat untuk dipanen.
Selain itu, ikan lele sangkuriang ini, tidak terlalu membutuhkan biaya produksi yang cukup besar, dan dari modal yang relative kecil tersebut akan mampu memberikan keuntungan hingga seratus prosen.

Adapun latar belakang diadakannya Pelatihan Pembudidayaan ikan Lele Sangkurian ini adalah dalam rangka membuka lowongan kerja baru, meningkatkan ekonomi masyarakat, serta untuk mengembangkan pembudidayaan ikan lele sangkuriang itu sendiri.
Dan harapan atau tujuan daripada dilakukannya kegiatan ini adalah diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para peserta pelatihan mampu menjelaskan tehnik – tehnik pembenihan ikan lele sangkuriang dan mampu secara mandiri membudidayakan ikan lele sangkuriang sebagai usaha dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Sementar itu, materi yang diberikan oleh para nara sumber adalah tehnik pembenihan ikan lele sangkuriang, persiapan media pembenihan ikan lele itu sendiri, cara produksi pakan ikan lele sendiri, serta perawatan larva dan benih ikan lele dan pembesaran ikan lele.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar