SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KELURAHAN BEJI KECAMATAN BEJI KOTA DEPOK @ BLOG INI ADALAH BLOG YANG BERISI SEMUA KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN DI KELURAHAN BEJI ATAU HAL - HAL YANG MEMANG LAYAK UNTUK DIKETAHUI @ MARI BERBAGI INFORMASI DI ANTARA KITA

Jumat, November 08, 2013

GEBYAR PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA

Pada malam minggu yang lalu, tepatnya tanggal 3 Nopember 2013 bertempat di Lapangan Kuning jalan Kabel RW.02 Beji, sekelompok anak muda yang tergabung dalam wadah Karang Taruna “ GARUDA “ melaksanakan sebuah kegiatan malam puncak peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-85. Malam Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-85 ini diisi dalam bentuk malam kreasi dan seni warga RW.02 Kelurahan Beji serta pembagian hadiah dan piala kepada para pemenang lomba karena sebelum malam puncak ini GARUDA juga menggelar pbeberapa pertandingan olah raga seperti pertandingan futsal dan bulutangkis.

GARUDA……. Adalah sebuah wadah buat anak - anak muda yang ada di RW.02 Beji buat berkumpul, berkarya, dan belajar berorganisasi. Dan GARUDA sendiri adalah singkatan dari “Gerakan Remaja RW.2“.
Kenapa namanya GARUDA…?
Berdasarkan penuturan dari Ketua GARUDA itu sendiri yakni Bung Dian, kenapa mereka memakai nama GARUDA adalah karena ;

1.  Singkatannya itu sendiri yakni “ GERAKAN REMAJA ERWE DUA “, yang artinya bahwa mereka adalah benar anak - anak muda yang ada di RW.02 Beji.
2. Sengaja mereka menamakan dirinya adalah gerakan bukan perkumpulan atau persatuan karena mereka ingin dari nama tersebut mengandung filosofis bahwa mereka bukan hanya sekedar berkumpul tetapi mereka juga bergerak tidak statis dan selalu bergerak membuat kegiatan - kegiatan yang positif tentunya.

GARUDA ini sendiri menurut Bung Dian, berdiri dengan diawali dari sebuah kisah kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68 beberapa waktu yang lalu. Dari kegiatan tersebut menurut penuturan Bung Dian timbul sebuah ide dari mereka yang pada saat itu ngumpul bareng bagaimana mereka membuat sebuah wadah yang bukan hanya sebagai markas ngumpul tetapi juga sebagi tempat berkreasi dan keberadaannya diakui sebagai wadahnya anak - anak muda RW.02 berkreasi dan tidak lagi dianggap sebagai tempat tongkrongan anak - anak muda yang tidak bertanggung jawab.
Akhirmya dari ide tersebut ditunjuklah beberapa perwakilan dari mereka guna membicarakan keinginan mereka untuk membuat wadah berkumpul dan berkreasinya anak - anak muda RW.02 kepada Bapak Bapak Ahmad Burhanudin selaku Ketua RW.02 Beji.

Dari pertemuan perwakilan mereka dengan Bapak Ahmad Burhanudin ( Ketua RW.02 ) mendapat respons dan sambutan yang positif. Dan menurut Bung Dian Bapak RW.02 mendukungnya dan memberikan ruang yang luas buat mereka, dan Pak RW.02 berjanji akan membicarakan ini kepada seluruh Ketua RT yang ada di RW.02 serta para tokoh masyarakatnya dan selanjutnya kepada seluruh warga RW.02.
Alhasil, semua Ketua RT se-RW.02 sepakat mendukung dan mensuport mereka untuk membuat sebuah karang taruna di RW.02 ini.

Adapun tujuan dari mereka membentuk GARUDA ini adalah ;

1.       Untuk menghidupkan kembali kegiatan karang taruna di tingkat lingkungan yang pada saat ini boleh dikatakan mati suri.
2.       Sebagai wadah pemersatu anak - anak muda di RW.02 karena menurut mereka saat ini kondisi anak - anak muda sudah terpecah belah bahkan terkadang sering terjadi tawuran antara mereka sendiri. Dengan adanya wadah GARUDA ini, mereka berharap hal itu tidak terjadi pada anak - anak muda di RW.02.
3.       Sebagai tempat berkumpulnya mereka guna berkreasi dan berkarya untuk diri mereka sendiri dan juga lingkungan dan untuk mencegah anak - anak muda di RW.02 terjerumus ke dalam hal - hal yang negatif.

Kegiatan Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-85 ini adalah merupakan kegiatan awal dari  adanya GARUDA. Dan di malam puncak kegiatan  peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-85 tersebut diisi dengan panggung hiburan sederhana yang berisikan tarian - tarian hasil kreasi masyarakat RW.02 dari perwakilan setiap RT yang ada di RW.02.
Dan pada malam itu selain dihadiri oleh Ketua RW.02 beserta para Ketua RT se-RW.02, para tokoh masyarakat, juga turut dihadiri oleh Bapak H. Naming. D  Bothin. S.Sos selaku wakil Ketua DPRD Kota Depok, Bapak Ardanih, S.Pd selaku kepala  Kelurahan Beji Depok dan tentunya masyarakat RW.02 dan sekitarnya yang begitu antusias menyaksikan malam puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda  yang ke-85 ini.


Selamat kepada Karang Taruna “ GARUDA “, lanjutkan dan terus berkarya. Semoga ini akan menjadi contoh untuk anak - anak muda di wilayah lain……














































Tidak ada komentar:

Posting Komentar