SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KELURAHAN BEJI KECAMATAN BEJI KOTA DEPOK @ BLOG INI ADALAH BLOG YANG BERISI SEMUA KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN DI KELURAHAN BEJI ATAU HAL - HAL YANG MEMANG LAYAK UNTUK DIKETAHUI @ MARI BERBAGI INFORMASI DI ANTARA KITA

Sabtu, Februari 28, 2015

== POMP FILARIASIS == ( Pemberian Obat Masal Pencegah Filariasis )


Penyakit Filariasis / Kaki Gajah adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Cacing Filaria yang hidup di kelenjar limfe dan pembuluh darah manusia yang ditularkan oleh nyamuk. Penyakit kaki gajah ini begitu amat tragis dimana akan terjadi pembengkakan di bagian tubuh kita seperti pada kaki, tangan, bahkan bisa pada bagian yang teramat pribadi sekali.  Dan penyakit inipun dapat menyebabkan kelumpuhan.
Karena begitu mudahnya penularan penyakit ini  yakni hanya lewat gigitan nyamuk apa saja, ini membuat kita semuanya perlu waspada akan penyakit ini. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Bila ada seekor nyamuk menggigit seseorang yang memang dalam kandungan darahnya ada Cacing Filaria kemudian nyamuk itu menggigit tubuh kita, maka secara otomatis kita sudah terjangkit Cacing Filaria dan sudah dipastikan kitapun terkena penyakit Filariasis / Kaki Gajah.
Berdasarkan surat edaran dari Dinas Kesehatan Kota Depok melalui UPT Puskesmas Kecamatan Beji, maka pada tanggal  6 Desember 2014, di Kota Depok pada umumnya dan di Kelurahan Beji pada Khususnya secara serempak melakukan Pemberian Obat Masal Pencegahan Filariasis.
Berdasarkan petunjuk yang diberikan oleh UPT Puskesmas Kecamatan Beji, pemberian obat anti filariasis ini dilakukan pada sore hari yakni pada pukul 16.00 WIB. Karena kurangnya respons serta partisipasi dari warga masyarakat akhirnya membuat para Kader Posyandu yang mendapatkan tugas dalam pemberian obat ini harus melakukan penjemputan bola dengan cara mendatangi warga secara door to door.
Begitulah yang dilakukan oleh para kader yang ada di RT.06 RW.04 Kelurahan Beji, yang melakukan pemberian obat sekaligus sebagai pengawas dan pemantau peminuman obat anti filariasis ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar