SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KELURAHAN BEJI KECAMATAN BEJI KOTA DEPOK @ BLOG INI ADALAH BLOG YANG BERISI SEMUA KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN DI KELURAHAN BEJI ATAU HAL - HAL YANG MEMANG LAYAK UNTUK DIKETAHUI @ MARI BERBAGI INFORMASI DI ANTARA KITA

Selasa, Oktober 22, 2013

KEBERSAMAAN DI HARI RAYA IDUL ADHA

Di hari Raya Idul Adha, selepas sholat Idul Adha, setiap wilayah baik RT maupun RW, Mushollah ataupun Masjid, pada hari itu pasti semua hampir melakukan kegiatan yang sama yakni pemotongan hewan qurban.
Pemotongan hewan qurban pada dasarnya sama dengan pemotongan hewan yang lainnya yaitu dengan menyebut nama Allah dan atas mana Allah, namun yang membedakan antara pemotogan hewan qurban dengan hewan non qurban atau pemotongan hewan bukan untuk qurban adalah waktunya saja kalau pemotongan hewan qurban waktunya hanya 4 hari yaitu pada hari Raya Idhul Adha dan 3 Hari tasyrik yaitu tanggal 11 sampai 13 Dzullhijjah, sedang pemotongan hewan lainnya kapan saja bisa dan jam berapa bisa asal memenuhi syarat penyembelihannya seperti pisaunya tajam, hewannya bukan milik orang lain dan hewan yang di potong masih dalam keadaan hidup.  Inilah perbedaan pemotongan hewan qurban dengan hewan yang lainnya.
Allah swt berfirman: “Ketika anaknya mencapai usia yang sanggup berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata kepadanya: Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi menyembelihmu. Maka pikirkan bagaimana menurut pendapatmu. Ia menjawab: Wahai ayahku, laksanakan apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah engkau akan dapati aku termasuk orang-orang yang sabar.”(Ash-Shaffat:102).
Dari sinilah kita diperintahkan oleh Allah swt untuk memotong hewan qurban. Dari sini pula Islam membuka pintu rizki dan ibadah berkorban untuk mensejahterakan saudara-saudara kita, khususnya fuqara dan masakin. Dan dari perintah ini juga sebagian kaum muslimin memperoleh rizki yang halal dari saudara-saudaranya yang seiman.
Dan lewat kegiatan pemotongan hewan Qurban ini juga sekaligus memupuk rasa kebersamaan antara kita semua. Pada hari itu, semua pihak baik laki - laki ataupun perempuan, besar maupun kecil dan tua ataupun muda, semua bahu membahu mengerjakan pemotongan hewan Qurban, membersihkannya sekaligus membagi rata dari hasil pemotongan hewan qurban tersebut untuk selanjutnya dibagikan kepada mereka yang berhak mendapatkannya. Dengan penuh keriangan dan dengan dibarengi canda dan tawa mereka dengan ikhlas melakukan itu semua.
Semoga ini adalah sebuah awal dalam membina kebersamaan di antara masyarakat yang mungkin saat ini telah mulai habis terkikis jaman.

Dan pada hari itu, tanggal 15 Oktober 2013 seluruh warga RW.04 Kelurahan Beji melaksanakan kegiatan pemotongan hewan qurban yang di fokuskan di Masjid Jami’ Baitul Barkah.






                       













Tidak ada komentar:

Posting Komentar