SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI KELURAHAN BEJI KECAMATAN BEJI KOTA DEPOK @ BLOG INI ADALAH BLOG YANG BERISI SEMUA KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN DI KELURAHAN BEJI ATAU HAL - HAL YANG MEMANG LAYAK UNTUK DIKETAHUI @ MARI BERBAGI INFORMASI DI ANTARA KITA

Senin, Oktober 14, 2013

PELATIHAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI


Mulai tanggal 7 Oktober hingga 9 Oktober 2013 bertempat di lantai 2 ruang baca Departemen Geografi Fakultas MIPA Universitas Indonesia Depok, dilaksanakan  “ Pelatihan Sistem Informasi Geografi ( SIG ) “ oleh FMIPA Departemen Geografi  FMIPA UI Depok.

Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang diadakan oleh Fakultas MIPA Departemen Geografi dalam rangka pengabdian mereka kepada masyarakat ( PENGMAS ).
Dan tim yang melakukan kegiatan pelatihan ini  adalah Ibu Tuty Handayani selaku Ketua Koordinator Pelaksana Pelatihan, Ibu M.H.  Dewi Susilowati wakil Ketua Departemen Geografi FMIPA UI Depok, dengan para pembimbing / pengajar adalah Bapak Adi Wibowo, Bapak Ahmad Munir, Bapak Bayu, Bapak Jarot dan Ibu Ratri Candra Restuti.

Suasana pelatihan yang begitu rileks namun serius membuat para peserta menjadi terasa lebih terasa nyaman dalam menerima segala apa yang diberikan dan diajarkan oleh para pembimbing.
Suasana kekeluargaan terasa begitu kental dan dinamis.

Pelatihan Sistem Informasi Geografi ini adalah kerjasama antara Departemen Geografi FMIPA dengan Kelurahan Beji Kecamatan Beji. Dan peserta pelatihan ini terbatas dan hanya di ikuti oleh empat orang peserta dari wilayah RW.04 dan RW.17 Kelurahan Beji.
Peserta pelatihannya adalah Sdr. Ahmad Mursidi dan Sdr. Suranto dari RW.04 dan Sdr. Wenda dan Sdri. Fatimah dari RW.17.


Untuk mempelajari permukaan bumi dapat dilakukan dengan media globe, peta, atlas, atau rekaman dari udara ( foto udara dan citra satelit ). Namun demikian sebagai dasar mempelajari muka bumi maka menggunakan peta adalah cara yang paling sederhana, karena tampilan dan ukuran peta dapat disajikan sesuai dengan tingkat kebutuhan pengguna ( Handayani, 2004 ).

Meskipun peta dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan, namun pada kenyataanya peta yang tersedia tidak selalu peta yang sesuai. Sebagian besar masih merupakan peta umum, sehingga pemakai harus bisa dan dapat menerjemahkan dulu apa yang menjadi isi peta.

Dari kegiatan pelatihan ini para peserta diharapka mampu dan memahami cara pembuatan peta yang disesuaikan dengan kebutuhan, serta menerapkannya dalam kepentingan masyarakat dan Kelurahan Beji.
Para peserta juga diharapkan mampu mengembangkan pelatihan yang mereka dapatkan dan bisa berbagi ilmu dengan yang lainnya. Dari empat orang peserta pelatihan ini diharapkan timbul empat….sepuluh…dua puluh….. seratus…seribu…bahkan lebih oang yang mampu dan bisa serta memahami pemetaan dengan Sistem Informasi Geografi.

Semoga program - program Pengabdian Masyarakat ini tidak hanya dilakukan oleh Departemen Geografi FMIPA UI Depok, tetapi program Pengabdian Masyarakat ini juga dilakukan oleh Perguruan tinggi lainnya serta fakultas - fakultas lainnya.

  Suasana Pelatihan


                                        Pelatihan dengan sistem diskusi yang penuh kekeluargaan

                                         Pak Adi dan Ibu Ratri                               Pak Adi sedang memperlihatkan hasil print out

 Dari Kiri : Suranto, Ahmad Munir, Adi Wibowo, Wenda, Fatimah, Ahmad Mursidi, Ratri Candra Restuti
Dari Kiri : Pak Jarot, Suranto, Pak Adi Wibowo, Wenda, Fatimah, Ahmad Mursidi, Ibu Ratri Candra Restuti



Tidak ada komentar:

Posting Komentar